Puncak Arus Mudik Terminal Tipe B Mulyojati Metro diprediksi 19-20 April

Dwi Hera Pratiwi, Kepala UPT Terminal Tipe B Mulyojati
Sumber :
  • Antara

Metro, Lampung – Terminal Tipe B Mulyojati di Kota Metro, Lampung, telah memasuki minggu ketiga Ramadan dengan sedikit calon penumpang yang berniat pulang ke kampung halaman selama periode libur Idul Fitri.

Puluhan Personel Polres Lampung Barat disiagakan amankan Malam Takbiran

"Ya, untuk aliran mudik libur Idul Fitri tahun ini, belum ada peningkatan yang signifikan di Terminal Tipe B Mulyojati," kata Dwi Hera Pratiwi, Kepala UPT Terminal Tipe B Mulyojati, saat dikonfirmasi pada Jumat di Metro. 

Dia mencatat bahwa puncak aliran mudik, baik kedatangan maupun keberangkatan, di Terminal Mulyojati, diprediksi akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 April 2023. "Ada perubahan libur nasional, itulah sebabnya kami memprediksi bahwa puncak aliran mudik libur Idul Fitri tahun ini akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 April," katanya.

Brimob Polda Lampung Amankan Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni

Menurutnya, kemungkinan akan terjadi peningkatan lalu lintas mudik dibanding tahun sebelumnya. Hal ini karena tidak ada lagi larangan mudik oleh pemerintah pusat setelah pandemi COVID-19 mereda.

"Pandemi COVID-19 sudah mulai mereda, dan tidak ada lagi larangan mudik. Oleh karena itu, kemungkinan akan terjadi peningkatan lalu lintas mudik tahun ini," ujarnya.

Polres Lampung Barat Amankan Sejumlah Pasar Tumpah Jelang Lebaran 1445H

Dia menjelaskan bahwa penumpang yang bepergian ke Kota Metro selama libur Idul Fitri biasanya berasal dari Jawa Tengah, seperti Yogyakarta dan Jawa Timur. Dia juga mengimbau masyarakat yang berencana melakukan perjalanan selama libur Idul Fitri tahun ini untuk mengutamakan keselamatan dan memilih transportasi yang telah dinyatakan laik jalan oleh badan transportasi setempat.

"Bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi, harap berhati-hati karena kemungkinan akan terjadi peningkatan lalu lintas mudik tahun ini dibandingkan dengan aliran mudik libur Idul Fitri tahun lalu," tambahnya. (Antara)

Halaman Selanjutnya
img_title