Seekor Gajah di Temukan Mati di Way Kambas

Seekor Gajah di Temukan Mati di Way Kambas
Sumber :
  • Instagram @kementerianlhk

Lampung Timur, Lampung – Seekor gajah di Pusat Latihan Gajah (PLG) Balai  Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung  ditemukan mati dan belum diketahui penyebab kematiannya, pada Minggu, 30 Oktober 2022 sekitar pukul 13.30 WIB.

Hasil nekropsi disebutkan bahwa satwa dalam kondisi normal, tidak ada luka pada tubuhnya, dilansir dari akun Instagram resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia @kementerianlhk.

Gajah yang ditemukan mati tersebut bernama Taufan, merupakan gajah kelahiran PLG Way Kambas dari induk betina bernama Bunga, berkelamin jantan, dan tergolong masih muda yaitu umur 4 tahun 7 bulan. Hal ini dicirikan dengan panjang gading kanan 23 cm, lingkar gading 12 cm dengan berat 2 ons, sementara gading kiri 18 cm, lingkar gading 11,5 cm dengan berat 2,5 ons.

Polisi Ungkap Bisnis Ilegal Pipa Rokok Gading Gajah di Lampung

Menurut informasi pawang sehari sebelumnya kondisi gajah masih terpantau sehat, aktif berlari, makan dan minum normal. Saat dilepas di area penggembalaan, gajah Taufan sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda sakit.

Untuk mengetahui penyebab kematian, drh. Diah Esti Anggraini bersama tim telah melakukan nekropsi, sampel hasil nekropsi berupa hati, jantung, paru-paru, ginjal, limpa, usus, lambung dan otak akan dilakukan pemeriksaan laboratorium di BBVET Bandar Lampung.

Hasil nekropsi jaringan secara inspeksi/pengamatan visual (makroskopis) dan palmasi (perabaan) ditemukan beberapa hal sebagai berikut:
1. Tidak ada kelainan ataupun cacat fisik pada gajah Taufan.
2. Sedikit perubahan di beberapa organ dalam seperti hati (hepar), limpa, saluran pencernaan dan lidah.
3. Ditemukan perlemakan di beberapa jaringan/organ.

Diagnosa sementara dan differential diagnoda yaitu Herpes virus, Gastritis-Enteritis, dan Hepatitis. (Kementerianlhk)