Karnaval Batik di Lampung: Saat Batik Bertransformasi Jadi Gaya Hidup Sehari-hari

Karnaval Batik Indonesia di Novotel Lampung
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Hotel Novotel Lampung menggelar sebuah acara unik yang memadukan tradisi dan gaya modern melalui Karnaval Batik Indonesia. 

Promo KTV De Amore: Belanja Puas, Dapat Voucher Melimpah

Acara yang berlangsung di lobby hotel pada Selasa (1/10/2024) ini merupakan hasil kolaborasi dengan Batik Bule, toko batik lokal yang sudah berdiri sejak tahun 2016. 

Tujuannya, tak hanya sekadar memperingati, tapi juga untuk mengubah persepsi batik di kalangan masyarakat luas.

Setelah Singgah di Bandar Lampung, KRI Dewaruci Lanjutkan Perjalanan Menuju Jakarta

General Manager Hotel Novotel, Usaha Pelawi, menjelaskan bahwa melalui acara ini, pihaknya ingin mendorong batik untuk bisa menjadi pilihan busana sehari-hari, tak lagi hanya identik dengan pakaian formal atau seragam kerja. 

"Ini adalah bentuk komitmen kami untuk menjaga dan mempromosikan batik sebagai warisan budaya yang harus terus dilestarikan. Kami berharap masyarakat lebih sering mengenakan batik dalam berbagai situasi, bukan hanya acara formal," kata Usaha Pelawi.

Dibuka Besok, Recaka Musik Lampung Diikuti 13 Komunitas Grup dan 5 Penggiat Kesenian

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan keragaman batik yang bisa digunakan dalam berbagai gaya, baik kasual maupun formal. 

Nita, pemilik Batik Bule, turut menyampaikan bahwa misi utama dari kegiatan ini adalah mengubah pandangan yang menganggap batik hanya cocok untuk acara-acara resmi. 

Halaman Selanjutnya
img_title