Ungkap Fakta Bahaya Nitrogen Cair Dalam Jajanan Cikibul

Ungkap Fakta Bahaya Nitrogen Cair Dalam Jajanan Cikibul
Sumber :
  • Youtube/Indonesia Food Department

Lampung – Setelah dilakukan penelitian, jajanan ciki ngebul (Cikibul) ternyata memiliki efek samping yang dapat dibilang berbahaya.

Dapur Momena Suguhkan Hampers Kue Kering dan Pempek Untuk Idul Fitri

Beberapa kasus keracunan jajanan Cikibul ditemukan di Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta. Korban dikabarkan mengalami mual, muntah bahkan lambung bocor sehabis mengkonsumsi cikibul.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjelaskan bahwa kandungan nitrogen cair atau liquid nitrogen (LN) pada jajanan Cikibul mempunyai titik didih minus 195 derajat Celcius, sementara titik beku minus 200 derajat Celcius, atau berkriteria sangat dingin.

BPOM Bandarlampung Pantau Jajanan Takjil Ramadan

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI, Rita Endang menuturkan, pada titik tersebut, kandungan nitrogen berpotensi memicu tenggorokan terasa seperti terbakar, karena suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh.

LN adalah cairan diatomik yang berada dalam keadaan cair pada suhu yang begitu rendah.

Bazar Takjil Lapangan Persada Banjar Agung Tulang Bawang Banjir Pembeli

LN berupa cairan jernih tidak berwarna dan dapat mempercepat pembekuan, namun berisiko menyebabkan radang dingin.

Efek kesehatan karena menghirup nitrogen secara berlebihan dapat mengakibatkan pusing, mual, muntah, kehilangan kesadaran, pernapasan cepat, sesak napas tanpa peringatan dan berujung pada kematian.

Halaman Selanjutnya
img_title