Aiptu Supriyanto, Polisi Kembalikan Uang Pemudik 100 Juta Diganjar Penghargaan Sekolah Perwira

Aiptu Supriyanto, anggota Polres Lampung Tengah
Sumber :
  • Lampung.viva

Lampung Tengah, LampungAiptu Supriyanto, anggota Polres Lampung Tengah yang mengembalikan uang senilai Rp100 juta rupiah milik pemudik yang tertinggal di kamar mandi rest area KM 116 A Tol Trans Sumatera mendapatkan penghargaan dari Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika.

Sebagai bentuk apresiasi yang lebih dari Polri, Kapolda Lampung memberikan kesempatan kepada Aiptu Supriyanto untuk mengikuti sekolah perwira Pendidikan Alih Golongan (PAG) Polri pada akhir tahun 2024.

Dengan penghargaan ini, Kapolda Lampung berharap bahwa tindakan yang dilakukan oleh Aiptu Supriyanto akan menjadi inspirasi bagi seluruh anggota kepolisian di Lampung dan juga masyarakat umum untuk selalu bertindak dengan jujur dan integritas, serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari.

"Kapolda bangga dengan keberanian dan kejujuran Aiptu Supriyanto. Tindakannya tidak hanya mencerminkan profesionalisme, tetapi juga menegaskan komitmen Polri untuk melayani dan melindungi masyarakat dengan segenap hati," kata Kombes Umi Fadilah, Kabid Humas Polda Lampung mengutip pernyataan Kapolda Irjen Pol Helmy Santika, pada Selasa (16/4) usai halal bihalal.

Diketahui, Aiptu Supriyanto menemukan tas seorang pemudik di toilet rest area Km 116 A, milik seorang pemudik dari Pulau Jawa yang hendak ke Palembang, Sumatera Selatan, saat arus balik lebaran, Sabtu (13/4/2024) sekitar pukul 07.00 WIB di rest area Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Terbanggi Besar - Kayu Agung  (Terpeka), wilayah Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah.

Saat menemukan tas tersebut, Aiptu Supriyanto tak berani membuka sendirian. Ia membawanya ke pos untuk diperiksa bersama security dan officeboy rest area. Saat dibuka isinya uang tunai pecahan  Rp100 ribu dan Rp50 ribu dengan total Rpp100 juta, handphone dan dompet.

Saat menemukan tas pemudik tersebut, Aiptu Supriyanto langsung bergegas mengumumkannya menggunakan pengeras suara di masjid lalu mengembalikannya.

Setelah tersambung, Aiptu Supriyanto bertemu dengan pemilik di masjid rest area lalu mengembalikan tas pemudik itu.

Diketahui, pemilik tas adalah pemudik yang hendak balik ke Belitang, Sumatera Selatan, setelah bersilaturahmi ke Pulau Jawa.

Sukisno dan keluarga mengucapkan banyak terimakasih kepada Aiptu Supriyanto yang telah menemukan dan mengembalikan tasnya. (*)

80 Persen Pemudik Telah Kembali ke Pulau Jawa Melalui Pelabuhan Bakauheni

Aiptu Supriyanto, anggota Polres Lampung Tengah

Photo :
  • Lampung.viva