Gubernur Lampung Sebut Fokus Arus Balik Tidak Hanya Insfratruktur Tetapi Peningkatan Pemudik

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Istimewa

Lampung – Gubernur Arinal Djunaidi memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral terkait Persiapan Penanganan Arus Balik Lebaran 1445 H, di Ruang Rapat VIP Kantor ASDP Bakauheni, pada Sabtu (13/4/2024).

Petahana Arinal Djunaidi Pastikan Ikut Pilgub Lampung 2024

Dalam upaya menghadapi arus balik yang semakin meningkat, Gubernur menyoroti pentingnya tidak hanya memperhatikan kesiapan infrastruktur, tetapi juga peningkatan jumlah pemudik saat arus balik.

"Kita lihat ada peningkatan jumlah pemudik saat arus balik, dari yang awalnya jumlahnya x pada saat kedatangan menjadi x plus pada saat kepulangan. Oleh karena itu, kita perlu memastikan kesiapan pelayanan dan jadwal penyeberangan," ujar Gubernur.

Kirab Marching Band dan Karnaval Pawai Kendaraan Hias di Lampung

Gubernur juga mengajak seluruh stakeholder terkait, terutama media, untuk secara aktif menyebarkan informasi jadwal keberangkatan dari pelabuhan Bakauheni dan lokasi lainnya agar dapat diakses oleh masyarakat.

Selain itu, Gubernur juga mengimbau masyarakat agar memperkirakan jadwal keberangkatan yang sesuai dengan jadwal libur sekolah atau masuk kantor para pemudik, demi menghindari penumpukan saat puncak arus balik.

5.000 bibit Pohon Mangrove Ditanam di Pulau Pasaran Bandar Lampung

"Saya melihat semua fasilitas yang telah disiapkan sudah sangat memadai, namun pertambahan jumlah penduduk tetap menjadi tantangan. Kita perlu memastikan korelasi yang baik antara kesiapan pelayanan dan infrastruktur. Saya yakin tidak akan ada masalah, karena semua pihak telah bekerja maksimal," tambah Gubernur.

Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika menekankan, bahwa keberhasilan kesiapan penanganan arus balik tidak hanya tergantung pada kelancaran arus penyeberangan, tetapi juga pada faktor lain seperti penurunan angka kecelakaan lalu lintas dan gangguan kamtibmas.

Halaman Selanjutnya
img_title