Wali Kota Bandar Lampung Targetkan Zero Kasus Stunting di 2024

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menganggarkan Rp2 miliar pada tahun 2024 untuk menangani kasus stunting. Dengan alokasi tersebut, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, bertujuan mencapai nol persen kasus stunting di kota tersebut pada tahun mendatang.

Untuk Pemilu Damai 2024, Pemkot Bandar Lampung Gelar Istighosah dan Doa Bersama

"Dengan anggaran Rp2 miliar, kita targetkan zero stunting di Bandar Lampung tahun 2024," ujar Eva setelah acara pembentukan jejaring skrining atau deteksi dini layak hamil guna mengurangi angka kematian ibu dan anak, di Hotel Amalia, Selasa (28/11).

Sebelumnya, Bandar Lampung mencatatkan 14 persen kasus stunting. Eva menyatkan bahwa semua pihak terlibat akan berkolaborasi untuk mengurangi angka tersebut. Upaya dilakukan melalui deteksi dini atau skrining layak hamil dengan melakukan edukasi gizi dan kesehatan reproduksi untuk remaja putri, calon pengantin, dan pasangan usia subur.

Warga Lampung Timur Temukan Bayi Perempuan, Ada Selembar Surat yang Isinya Memilukan

"Pelayanan kesehatan sebelum hamil dapat mendukung penurunan angka kematian ibu dan bayi serta stunting. Banyak calon pengantin dengan masalah kesehatan yang beresiko jika hamil, sehingga penting dilakukan perencanaan kehamilan,” ungkapnya.

Sejumlah Organisasi di Bandar Lampung Dapat Pinjaman Kendaraan Operasional dari Pemkot

Eva menekankan bahwa kehamilan yang direncanakan dapat memastikan kehamilan dan persalinan yang nyaman, selamat, serta mendapatkan bayi yang sehat. Oleh karena itu, pelaksanaan program kesehatan diarahkan pada perencanaan kehamilan yang baik.

"Sehingga pelaksanaan program kesehatan dalam upaya penurunan angka kematian ibu, bayi, dan kasus stunting ini juga tercapai," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title