Ini Besaran Denda Tilang, 7 Sasaran Prioritas Pelanggaran Operasi Zebra Krakatau 2023

Operasi Zebra Krakatau 2023
Sumber :
  • Polres Pringsewu

Pringsewu, Lampung – Pihak Kepolisian tengah menggelar Operasi Zebra Krakatau 2023, yang berlangsung selama dua pekan, mulai dari tanggal 4 hingga 17 September 2023. Tujuan utama dari operasi ini adalah untuk mengurangi angka pelanggaran, kecelakaan, dan jumlah korban kecelakaan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Fitria Khasanah Siap Luncurkan Game Petualangan Edukatif "Jelajah Nusantara"

Dalam pelaksanaan operasi ini, Polisi tidak hanya fokus pada upaya sosialisasi dan edukasi mengenai tata tertib berlalu lintas, tetapi juga menekankan penindakan terhadap tujuh jenis pelanggaran yang menjadi prioritas dalam Operasi Zebra 2023.

Jenis-jenis pelanggaran ini mencakup tindakan melawan arus, mengemudi dalam keadaan pengaruh alkohol, serta penggunaan handphone saat mengemudi.

Polisi di Bandar Lampung Patroli Jalan Kaki Cegah Aksi Kriminalitas

AKP Khoirul Bahri, Kasat Lantas Polres Pringsewu, menjelaskan bahwa di antara tujuh jenis pelanggaran tersebut, satu yang memiliki denda tilang tertinggi adalah ketiadaan Surat Izin Mengemudi (SIM), yang dapat dikenai denda hingga Rp 1 juta.

Pasca Putusan MK, KPU Tulang Bawang Dijaga Ketat Polisi

Ia juga menyampaikan besaran denda untuk ketujuh jenis pelanggaran prioritas Operasi Zebra Krakatau 2023, sebagaimana diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan:

1. Melawan Arus: Pasal 287, dengan sanksi denda maksimal Rp 500.000.

Halaman Selanjutnya
img_title