Siswi SMP di Lampung Kembali Berinovasi, Game Edukasi 'Sumpah Pancasila' Siap Diluncurkan

Fitria Khasanah, Siswi SMP Gajah Mada Bandar Lampung.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Fitria Khasanah, sosok remaja berbakat yang namanya sudah tidak asing lagi di dunia game edukasi, kembali mencuri perhatian. Siswi kelas 7 SMP Gajah Mada Bandar Lampung ini tengah bersiap meluncurkan game terbarunya yang bertajuk "Sumpah Pancasila".

 

Terlahir dari keluarga sederhana di sebuah kontrakan di Way Halim, Bandar Lampung, tidak menyurutkan semangat Fitria untuk berkarya. Sebelumnya, ia telah meraih sejumlah prestasi membanggakan, termasuk penghargaan Rekor MURI sebagai developer game termuda dengan karya terbanyak.

 

Bahkan, karya-karyanya telah mendapatkan apresiasi dari tokoh-tokoh penting seperti Jenderal (Purn) AM Hendropriyono.

 

Melalui game "Sumpah Pancasila", Fitria ingin mengajak generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai Pancasila.

 

Sumpah Pancasila, menurut Fitria memiliki peran penting dalam membentuk identitas nasional, semangat persatuan, dan dasar filosofis negara Indonesia. 

 

"Banyak di antara kita yang sudah lupa atau bahkan tidak tahu tentang pentingnya Pancasila. Saya ingin membuat Pancasila menjadi lebih dekat dan menarik, terutama bagi anak-anak muda," ujar Fitria.

 

Game ini dirancang dengan konsep yang interaktif dan menyenangkan, sehingga diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif.

 

Fitria menjelaskan bahwa game ini tidak hanya berisi teks Pancasila, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti kuis, teka-teki, dan mini game yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila. Ia menyoroti pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila sejak dini. 

 

"Generasi muda saat ini menghadapi banyak tantangan, seperti pengaruh budaya asing dan hoaks. Dengan memahami Pancasila, kita bisa lebih kuat dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut," ungkapnya.

 

Keberhasilan Fitria dalam mengembangkan game edukasi mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, tokoh pendidikan, dan masyarakat luas. 

 

Fitria berharap game "Sumpah Pancasila" dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah kurangnya pemahaman terhadap Pancasila. 

 

Ia juga bercita-cita untuk terus berkarya dan menciptakan game-game edukasi lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

"Saya ingin anak-anak Indonesia tumbuh menjadi generasi yang cerdas, berkarakter, dan cinta tanah air. Melalui game, saya ingin memberikan kontribusi kecil untuk mewujudkan cita-cita tersebut," pungkas Fitria.(*)