Lebaran Banjir Data: Trafik Internet XL Axiata Naik Tajam Selama Libur Ramadan

- Foto dokumentasi istimewa
Lampung – Periode libur panjang Ramadan dan Idulfitri 1446 H membawa berkah tersendiri bagi PT XL Axiata Tbk.
Berdasarkan data dari pusat operasi di XL Axiata Tower, Jakarta, tercatat lonjakan trafik layanan data hingga 21 persen dibandingkan hari biasa, dan 5 persen lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran tahun lalu.
Peningkatan ini terjadi selama 28 Maret hingga 6 April 2025, seiring antusiasme masyarakat menjalani mudik dan liburan.
Direktur sekaligus Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan jauh sebelum masa libur tiba.
“Kami pastikan jaringan tetap optimal, dari pusat hingga daerah, untuk mengakomodasi lonjakan trafik. Seperti yang kami perkirakan, masyarakat sangat aktif menggunakan layanan data, terutama untuk streaming video dan media sosial,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (11/4/2025).
Video, Gim, dan Media Sosial Dominasi Penggunaan Data
Selama Ramadan dan Lebaran, aktivitas digital pelanggan XL Axiata meningkat drastis. Layanan streaming tumbuh 17 persen, akses file naik 16 persen, penelusuran web meningkat 12 persen, dan penggunaan gim melonjak hingga 46 persen.
Aplikasi seperti TikTok mencatat peningkatan 18 persen, YouTube 9 persen, dan Netflix 10 persen.
Bahkan, penggunaan layanan pesan instan WhatsApp naik 14 persen, sementara Instagram dan X (dulu Twitter) masing-masing naik 26 persen dan 23 persen.
Di ranah e-commerce, trafik naik 19 persen, mencerminkan tingginya minat belanja online selama Lebaran.
Tak hanya hiburan, aplikasi penunjuk jalan seperti Google Maps dan Waze turut melonjak 19 persen, seiring tingginya arus mudik dan balik.
Bandara Soekarno-Hatta bahkan mencatat lonjakan trafik sebesar 167 persen, dan Pelabuhan Merak naik 156 persen.
Wilayah Sumatera Catat Lonjakan Tertinggi
Pulau Sumatera mencatat peningkatan trafik sekitar 19 persen. Wilayah Danau Toba sebagai destinasi super prioritas menyumbang kenaikan hingga 24 persen.
Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan, “Kami bangga bisa memberikan pengalaman digital yang lancar di momen penting ini. Hampir tidak ada gangguan selama masa libur.”
Beberapa kabupaten/kota dengan lonjakan signifikan di Sumatera, antara lain:
Lampung Tengah dan Timur naik 35%, Lampung Selatan 33%, Agam (Sumbar) 34%, Serdang Bedagai (Sumut) 32%, Simalungun (Sumut) 29%.
Trafik juga meningkat hingga 22 persen di sepanjang jalur Tol Trans Sumatera dan di area wisata utama.
Jabodetabek Tak Lagi Sepi saat Lebaran
Menariknya, meski banyak warga Jabodetabek melakukan perjalanan ke luar kota, trafik data justru naik 18 persen, berbeda dari tren penurunan di tahun-tahun sebelumnya.
Hal ini bisa jadi menandakan adanya pergeseran pola mudik atau peningkatan penggunaan layanan digital oleh mereka yang tetap di rumah.
XL SATU Tetap Ramai Meskipun Banyak Pelanggan Mudik
Pelanggan layanan konvergensi XL SATU tetap aktif selama libur Lebaran. Penggunaan Instagram naik hampir 19 persen, YouTube 21 persen, dan TikTok 7 persen. Namun, Netflix dan Vidio justru mengalami penurunan, masing-masing sebesar 2 dan 21 persen. Saat ini, XL SATU telah digunakan oleh lebih dari satu juta rumah tangga.
Jaringan Siap Tempur, BTS Diperbanyak
Untuk menjamin kelancaran, XL Axiata telah menggandakan kapasitas jaringan dan mengerahkan ratusan mobile BTS di berbagai lokasi strategis. Saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 165 ribu BTS (termasuk 111 ribu BTS 4G), dengan jaringan tulang punggung sepanjang 190 ribu kilometer.
Di Sumatera saja, XL Axiata mengoperasikan 39 ribu BTS yang menjangkau lebih dari 15 ribu desa dan 149 kota/kabupaten. (*)