Tim Kukang Electric Vehicle Itera Kembali Berkompetisi Mobil Hemat Energi di Shell Eco-Marathon 2024

Tim mahasiswa Itera Lampung mengikuti kompetisi mobil hemat energi.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Tim mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera), Kukang Electric Vehicle (EV), kembali menunjukkan performa terbaiknya dengan mengikuti Shell Eco-Marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 (SEM 2024).

Kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Shell ini fokus pada pengembangan mobil hemat energi. Ajang SEM 2024 berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 2 – 6 Juli 2024, dan diikuti oleh 80 tim dari 14 negara di Asia dan Timur Tengah.

Tahun ini, Tim Kukang EV kembali berkompetisi dalam kategori yang sama seperti tahun sebelumnya, yaitu divisi mobil prototype berbasis battery electric, yang akan bersaing dengan 33 tim lainnya dalam divisi tersebut.

Ketua Tim Kukang EV, Rangga Andhika Fadillah, menjelaskan bahwa timnya membawa mobil prototype bernama "IKU PROTO 0.2" ke ajang SEM 2024. Mobil ini menggunakan battery electric sebagai sumber energi dengan spesifikasi baterai 42 V, motor BLDC 500W, dan dilengkapi dengan sistem telemetry. Keunggulan mobil hemat energi karya mahasiswa Itera terletak pada inovasi teknologi yang kreatif dan ramah lingkungan.

"Kami juga mempertimbangkan aspek ekonomi dalam pengembangannya, dengan belajar dari kekurangan di masa lalu. Pendekatan ini memungkinkan kami untuk tidak hanya memenuhi tetapi juga melampaui ekspektasi pasar akan performa dan keberlanjutan lingkungan dari kendaraan masa depan," ujar Rangga.

Partisipasi dalam Shell Eco-Marathon merupakan bagian dari komitmen Tim Kukang EV Itera untuk mendalami lebih dalam mengenai kendaraan listrik yang lebih efisien dan mencapai hasil yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

“Target kami dalam event ini adalah menerapkan pengetahuan yang kami peroleh dari evaluasi hasil sebelumnya. Dengan pembelajaran tersebut, kami berusaha menjadi salah satu tim yang mencapai posisi podium dalam Shell Eco-Marathon 2024,” ujar Rangga.

Diketahui, Tim Kukang Electric Vehicle (EV) Itera, beranggotakan 15 mahasiswa yang terdiri dari sembilan mahasiswa Prodi Teknik Elektro, yaitu Rangga Andhika Fadillah, Sidiq Ahmad Cholid, Ramdesh Gustiar, Indrianto Senoaji, Arif Kurniawan, Iwan Santoso, Muhammad Zarrar Rafi, Alif Renaldi Pratama, Muhammad Habib, Muhammad Faturrahman (Teknik Pertambangan), Lowis Roy Figo (Teknik Fisika), Rustian Afencius Marbun (Teknik Informatika), Khairul Yahya (Teknik Material), serta Athaya Nasywa Kamila dan Nadiya Nurfaiza Hasanah dari Prodi Arsitektur Lanskap. Tim ini dibina oleh dosen Program Studi Teknik Elektro Itera, Purwono Prasetyawan, S.T., M.T.

Sebelum keberangkatan, tim Kukang EV dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera, Prof. Dr. Eng., Khairurrijal, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Khairurrijal memberikan semangat kepada tim Kukang EV dan berharap tim dapat belajar dari evaluasi tahun sebelumnya, sehingga bisa meraih prestasi di tahun ini.(*)

Sales Makanan Ringan di Bandar Lampung Diringkus Polisi, Ternyata Nyambi jadi Kurir Sabu