Rektor Unila Prof Lusmeilia Resmi Membuka Munas XVII Ihamafi

Rektor Unila Prof. Lusmeilia Buka Munas XVII Ihamafi
Sumber :
  • Istimewa

Banadar Lampung, Lampung – Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia (Ihamafi) adalah wadah bagi himpunan mahasiswa fisika dari seluruh universitas di Indonesia untuk berinteraksi dan berkolaborasi. Musyawarah Nasional (Munas) XVII Ihamafi secara resmi dibuka oleh Prof. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Rektor Universitas Lampung (Unila), di Aula Perpustakaan Unila, pada Selasa (1/8).

Brimob Polda Lampung Laksankan Latihan Selam Dasar Polri

Dalam sambutannya, Rektor Unila, Prof. Lusmeilia, merasa bangga karena mahasiswa telah berhasil menyelenggarakan kegiatan nasional sebesar Munas XVII Ihamafi. Ia juga menekankan pentingnya mempromosikan fisika di masyarakat agar minat dan popularitas jurusan ini meningkat.

Prof. Lusmeilia yang akrab dipanggil Prof. Lusi menyatakan bahwa Fisika masih jarang diminati sebagai mata pelajaran atau jurusan, sehingga Munas ini diharapkan menjadi wadah bagi perguruan tinggi untuk mempromosikan fisika di masyarakat dan menarik lebih banyak minat.

Ada dari Lampung, Ini 20 Universitas Terbaik di Indonesia 2024 Versi Scimago

Prof. Lusi sangat mengapresiasi Himafi FMIPA Unila dan Almafika FKIP Unila atas kesuksesan pelaksanaan Munas XVII Ihamafi. Acara pembukaan Munas XVII Ihamafi yang mengambil tema “Satukan Persepsi untuk Fisika Bersinergi di Bumi Tapis Berseri” dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila, Dr. Anna Gustina Zainal, M.Si., Dekan FMIPA, Dr. Eng. Heri Satria, M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA, Dr. rer. nat. Akmal Junaidi, M.Sc., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA, Dr. rer. nat. Ronius Marjunus, M.Si., Kajur PMIPA FKIP, Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd., dan Ketua Prodi Pendidikan Fisika FKIP, Dr. Viyanti, M.Pd.

Ketua Pelaksana Munas XVII Ihamafi, Fajar Sidik, menyatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah mengevaluasi kinerja Ihamafi periode sebelumnya dan mempererat koordinasi serta silaturahmi antar anggota.

Tim Mahasiswa Itera Lolos PKM Kemendikbudristek 2024

Munas ini diikuti oleh 35 delegasi yang mewakili 20 himpunan dan 18 universitas dari seluruh Indonesia. Pesertanya termasuk pengurus Ihamafi periode 2021–2023 dari perguruan tinggi negeri dan swasta, delegasi mahasiswa fisika dari masing-masing perguruan tinggi, alumni pengurus Ihamafi, dan peserta undangan lainnya.

Rangkaian acara Munas XVII Ihamafi berlangsung dari tanggal 1 hingga 6 Agustus 2023, dengan kegiatan antara lain pembukaan munas, seminar nasional, sidang rapat evaluasi, field trip untuk memperkenalkan budaya dan wisata Lampung, serta penutupan.

Halaman Selanjutnya
img_title