Srikandi Batik Tulis Bermotif Khas Lampung

Srikandi Batik Tulis Lampung
Sumber :
  • www.visitbandarlampung.com

Bandar Lampung, Lampung – Kain batik mungkin identik dengan produk budaya kreatif yang berasal dari Pulau Jawa seperti Jogjakarta, Pekalongan, Solo, dan Cirebon khususnya batik tulis. Namun siapa sangka kalau di Kota Bandar Lampung jantungnya Provinsi Lampung juga memiliki batik tulis daerah dengan motif khas Lampung yang tentunya tidak kalah pamor dengan batik yang ada di Pulau Jawa .

Muslihah, adalah sosok perempuan yang memiliki andil dalam memperkenalkan batik tulis khas Lampung ini. Usaha kreatif itu diberi nama "Srikandi Batik Tulis" yang sudah dirintis sejak tahun 2017. Lahirnya Srikandi Batik Tulis ini tidak terlepas dari kegigihan pemiliknya, dengan modal awal Rp 200.000, kini Batik Srikandi mulai berkembang pesat dan banyak mengikuti pameran produk diberbagai daerah.

Peralatan untuk membatik dibeli langsung dari pulau jawa. Dalam memproduksi kain batik Muslihah dibantu keluarga dan memberdayakan masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Motif batik tulis yang dibuat tentunya bertemakan khas Lampung seperti siger, kapal, kopi, lada, gajah dan lumba lumba.

Rumah produksi Srikandi Batik Tulis juga sering digunakan masyarakat luas untuk belajar membatik, terutama pelajar dan mahasiswa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Praktik Kerja Lapangan. Muslihah juga memberikan workshop dan jasa pelatihan membatik bagi masyarakat umum baik perorangan maupun kelompok.
 
Dalam hal promosi dan penjualan batik tulisnya Muslihah mengandalkan media sosial dan mengikuti berbagai pameran dan bazar produk kerajinan kebeberapa daerah didalam maupun luar Provinsi Lampung.

Masyarakat yang ingin memesan dan membeli produk  batik tulis Srikandi Lampung bisa datang langsung ke Gang Merpati Pinang Jaya, Kemiling Kota Bandar Lampung atau dapat menghubungi akun Instagram @batiksrikandilampung27.

Dua Pria di Bandar Lampung Bobol Gudang "Gasak" Pelek, Ban Mobil Hingga Aki Bekas