Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung Triwulan I-2024

Kepala BPS Lampung, Atas Parlindungan Lubis
Sumber :
  • Foto Dokumentasi Riduan

Lampung – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung melaporkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung pada triwulan pertama tahun 2024 sebesar 3,30 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Bank Indonesia: Ekonomi Lampung Triwulan I 2024 Tumbuh Melambat

Kepala BPS Provinsi Lampung, Atas Parlindungan Lubis, pada Senin, 6 Mei 2024 menuturkan, pertumbuhan ini menunjukkan penurunan dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 4,94 persen (year on year/yoy).

Meskipun demikian, Atas menyatakan bahwa kinerja ekonomi Lampung pada kuartal pertama tahun 2024 masih dapat dikategorikan baik, meski mengalami kontraksi sebesar 1,24 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (quarter to quarter/qtq).

Deflasi IHK Lampung April 2024 Didorong oleh Penurunan Harga Komoditas

Dalam hal Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), nilai atas dasar harga berlaku mencapai Rp112,09 triliun, sementara atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp65,95 triliun.

Pertumbuhan positif tercatat pada sebagian besar sektor usaha, dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada sektor administrasi pemerintahan, pertahanan, dan jaminan sosial wajib yang tumbuh sebesar 14,23 persen. 

Tetap Kuat, Optimisme Konsumen Terhadap Perekonomian Lampung Maret 2024

Sementara sektor pertambangan dan penggalian, serta transportasi dan pergudangan juga tumbuh signifikan masing-masing sebesar 11,55 persen dan 11,46 persen. 

Sektor lain yang mencatat pertumbuhan cukup pesat adalah jasa perusahaan dan perumahan, yang masing-masing tumbuh sebesar 9,91 persen dan 9,84 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title