IDI Lampung Selatan Beri Tips Perjalanan Tetap Sehat dan Aman pada Arus Balik Lebaran 2024

Ketua IDI Lampung Selatan, Wahyu Wibisono.
Sumber :
  • Lampung.viva

Bakauheni, Lampung – Libur lebaran telah berakhir, masyarakat mulai bersiap menghadapi arus balik mudik yang padat dan ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, adalah tantangan tersendiri bagi para pemudik.

Kondisi cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pemudik atau para pengendara yang melakukan perjalanan agar dapat mempersiapkan bekal makanan maupun kondisi fisik yang fit, sehingga tidak mudah terpapar penyakit selama di perjalanan.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Lampung Selatan, Wahyu Wibisono, mengatakan para pemudik yang hendak melakukan perjalanan supaya memperhatikan kondisi kesehatan. Sebab, kondisi cuaca ekstrem akibat musim pancaroba menemani perjalanan arus balik pemudik.

Keadaan itu bisa membuat kondisi kesehatan pemudik menjadi rentan sakit. "Cuaca terik akibat pancaroba, yang kadang berubah menjadi hujan deras membuat kesehatan rentan sakit," kata Wahyu.

Dalam menghadapi cuaca ekstrem itu, Wahyu menjelaskan pemudik untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi.

"Karena ini arus balik, sudah tidak puasa, pemudik sebaiknya memperhatikan cairan tubuh. Mencukupi kebutuhan cairan harian dengan minum 8 gelas air putih per harinya," jelasnya.

Rasa stres dan kondisi cuaca yang tidak menentu saat arus balik lebaran dapat mempengaruhi kesehatan dan kondisi mood sesaat setelah sampai ke tujuan.

"Hindari begadang sebelum berkendara dan lakukan peregangan setelah 4 jam berkendara serta mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang," bebernya.

Tips tersebut, bisa dilakukan agar perjalanan mudik yang dilakukan dapat berjalan dengan aman dan sehat. (*)

Naik 63 Persen, Kereta Api di Lampung Layani 72.597 Penumpang Lebaran 2024

Ketua IDI Lampung Selatan, Wahyu Wibisono.

Photo :
  • Lampung.viva