Marak SPF Palsu, BPOM Ingatkan Masyarakat Hati-hati Memilih Sunscreen

Ilustrasi Pemakaian Sunscreen
Sumber :
  • iStockphoto

Lampung – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyatakan bahwa 16 persen sunscreen yang beredar di pasaran mengandung sun protector Factor (SPF) palsu.

Tempat Wisata Kuliner di Jalan Tol Trans Sumatera Yang Perlu Dikunjungi Selama Libur Lebaran

Kepala Balai Besar BPOM Bandar Lampung, Ani Fatimah Isfarjanti, menanggapi temuan ini dengan mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih sunscreen.

Ani memberikan tips tentang cara memilih sunscreen yang mengandung SPF asli atau palsu, yaitu dengan melakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa).

Rayakan Malam Tahun Baru Imlek Bersama Keluarga di Hotel Santika Premiere Lampung

"Sebelum membeli dan menggunakan kosmetik, terutama tabir surya, kita harus CEK KLIK, di situ informasinya ada semua," ujar Ani pada Minggu (8/10).

Ia menyarankan penggunaan tabir surya berbasis air (gel) untuk kulit berminyak dan tabir surya berbasis minyak (cream) untuk kulit kering.

Ringankan Beban Masyarakat, Pemkot Bandar Lampung akan Gelar Pasar Murah

Ani juga mengingatkan bahwa tabir surya tidak memberikan perlindungan 100 persen dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari beraktivitas di bawah sinar matahari terlalu lama, terutama antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang, meskipun telah menggunakan tabir surya.

Selain itu, masyarakat disarankan untuk mengulangi penggunaan tabir surya setiap 2 jam sekali, terutama setelah kulit terkena air atau keringat.

Halaman Selanjutnya
img_title