Kewarganegaraan Ganda Member NewJeans Hanni, Menimbulkan Perdebatan

Hanni, anggota Grup K-pop NewJean
Sumber :
  • Istimewa/Twitter.

VIVA Lampung, Kpop – Dua kewarganegaraan Hanni, anggota K-pop girl group NewJeans berkebangsaan Vietnam-Australia, telah memicu perdebatan di Vietnam. Beberapa orang bersikeras bahwa kakek-neneknya adalah "orang perahu", istilah yang merujuk pada ribuan pengungsi yang melarikan diri dari Vietnam dengan perahu kecil setelah Komunis Vietnam Utara mengalahkan Vietnam Selatan pada tahun 1975 dan mengambil alih negara tersebut.

Jelang Pilkada 2024, Kapolres Waykanan Menyapa Tokoh Adat

Hanni, yang nama aslinya adalah Pham Ngoc Han, lahir di Melbourne, Australia, pada tahun 2004. Orangtuanya dan kakek-neneknya, yang semuanya berasal dari Vietnam, saat ini tinggal di Australia, salah satu negara tempat para "orang perahu" menuju.

Banyak dari para pengungsi ini diketahui menetap di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Prancis untuk melarikan diri dari penganiayaan politik dan etnis.

Budiman P Mega Siap Maju Pilkada Pringsewu, Setelah Resmi Mundur dari Jabatan Staf Ahli

Dengan fakta-fakta ini, beberapa netizen di Vietnam mengklaim bahwa anggota keluarga Hanni adalah "orang perahu" yang "meninggalkan negara mereka demi kepentingan sendiri."

Mei 2024, PDIP Bandar Lampung Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah

Meskipun banyak penggemarnya mengatakan bahwa dia bukanlah orang yang patut disalahkan, yang lain tidak setuju. Mereka telah mengkritik Hanni sejak debutnya tahun lalu, dengan beberapa ekstremis bahkan menuntut agar dia melepaskan kewarganegaraan Vietnam-nya.

"Saya mencintai Vietnam, bukan kamu," tulis satu posting di Twitter dengan foto Hanni. Orang yang membagikannya juga menulis bahwa orang non-Vietnam tidak memahami perasaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title