Mengenal Tradisi Topeng Sekura Dari Lampung Barat

Topeng Sekura
Sumber :
  • https://images.app.goo.gl/CDw9V2KWYZ3Ab4LRA

Lampung – Ada beberapa ada budaya di daerah Lampung Barat yang masih bisa kita lihat dan nikmati hingga saat ini salah satunya adalah Budaya Topeng Sekura yang unik dan juga meriah.

Tiga Ekor Sapi Raib Digondol Maling Di Waykanan Lampung

Tradisi Topeng Sekura adalah tradisi yang asalnya dari perang saudara dan merupakan asimilasi agama Islam dan Hindu di Lampung.  Kata Sekura berasal dari kata sakuka yang berarti penutup wajah atau penutup muka dalam bahasa setempat. 

Dengan begitu sekura sendiri berarti topeng penutup wajah. Topeng penutup wajah yang digunakan dalam tradisi Topeng Sekura. Topeng terbuat dari kayu, kain, atau hanya polesan warna di wajah dengan dipadukan dengan kain tapis atau beraneka warna yang membuat meriah juga ada yang memakai kacamata.

Perbaikan Listrik Dampak Longsor di Suoh Lampung Barat

Tokoh yang mengikuti tradisi Topeng Sekura akan memerankan berbagai lakon sambil menggunakan musik dengan berbagai peralatan yang mereka bawa seperti ember, centong, panci, kuali, atau diiringi suara gamelan yang merdu.

Suara alat musik dimainkan sepanjang jalan saat menuju ke rumah-rumah warga. Suara musik memberikan hiburan tersendiri untuk masyarakat yang menyaksikan.

Intip Tradisi Riungan Godong Pisang di Lampung Selatan Dalam Menyambut dan Melepas Tamu

Ada 2 jenis sekura yang digunakan dalam tradisi ini yaitu 1) Sekura betik dan 2) Sekura Kamak.

Sekura betik adalah Sekura yang menggunakan penutup wajah yang indah dan bersih biasanya masyarakat menggunakan kain miwang dan kacamata sedangkan Sekura Kamak menggunakan penutup wajah yang berbentuk aneh dan kotor.

Halaman Selanjutnya
img_title