Geger Fenomena Kristen Muhammadiyah, Begini Penjelasannya

Bedah Buku Kristen Muhammadiyah
Sumber :
  • muhammadiyah.or.id

VIVA Lampung, Nasional – Pimpinan Pusat Muhammadiyah baru-baru ini menemukan fenomena baru yang disebut Kristen Muhammadiyah atau KrisMuha di wilayah terpencil. Hal ini terungkap setelah diluncurkannya buku berjudul "Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan."

Cover Album Mirip Al-Quran, Album Terbaru Boy Band K-pop Kingdom Ditarik

Buku tersebut ditulis berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Abdul Mu'ti dan Fajar Riza Ulhaq. Kristen Muhammadiyah merujuk kepada orang-orang Kristen yang menjadi simpatisan Muhammadiyah.

Fenomena ini muncul seiring dengan pendirian lembaga pendidikan Muhammadiyah di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi, yang diisi oleh beragam golongan, suku, ras, dan agama, termasuk Kristen.

Tingkatkan Budaya Membaca di Masyarakat, Polres Pesawaran Salurkan Bantuan Buku Bacaan

Ketua Lembaga Kajian dan Kemitraan Strategis (LKKS) PP Muhammadiyah, Fajar Riza Ulhaq, menjelaskan bahwa fenomena ini muncul karena adanya interaksi intens antara siswa Muslim dan Kristen di lingkungan pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah yang berada di daerah 3T (terpencil, terluar, dan tertinggal).

Daerah 3T yang dimaksud adalah Ende di Nusa Tenggara Timur (NTT), Serui di Papua, dan Putussibau di Kalimantan Barat (Kalbar). Hasil penelitian ini kemudian dijadikan buku "Kristen Muhammadiyah: Mengelola Pluralitas Agama dalam Pendidikan."

RM BTS Membantah Tuduhan Islamofobia

Fajar Riza menekankan bahwa interaksi tersebut tidak menghilangkan identitas mereka sebagai penganut agama Kristen yang taat. Ini adalah kontribusi Muhammadiyah dalam membangun generasi Indonesia yang lebih toleran, inklusif, dan terbiasa hidup bersama dalam perbedaan.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti

Photo :
  • muhammadiyah.or.id
Halaman Selanjutnya
img_title