Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Sabtu Pagi

Gn. Anak Krakatau Kembali Erupsi (13/05)
Sumber :
  • PVMBG

Lampung Selatan, Lampung – Pada hari Sabtu (13/05/2023) pukul 07.10 pagi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa Gunung Anak Krakatau kembali erupsi, memuntahkan abu vulkanik dengan tinggi kolom sekitar 2.000 meter di atas puncak gunung atau sekitar 2.157 meter di atas permukaan laut.

BPBD Kota Bandar Lampung Ingatkan Warga di 3 Kecamatan untuk Waspada Bencana Longsor

"Kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya," kata Andi Suardi, Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, dikutip dari Antara (13/05).

Menurut informasi dari PVMBG, letusan gunung berapi di perairan Selat Sunda, Provinsi Lampung, tercatat pada seismograf dengan amplitudo maksimum 65 mm dan berlangsung selama 68 detik.

Polda Lampung Tangkap Pelaku Persetubuhan Anak di Bawah Umur Hingga Hamil

Ketika dihubungi dari Kalianda, Andi menyatakan bahwa masyarakat dan nelayan diminta untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau melakukan aktivitas di dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

"Saat ini, Gunung Anak Krakatau berada pada level III atau Siaga," katanya.

Polisi Bersama TNI dan BPBD Sigap Bantu Korban Angin Puting Beliung di Tubaba Lampung

Pada hari Jumat (12/5) pukul 23.20 WIB, Gunung Anak Krakatau juga meletus, memuntahkan abu vulkanik dengan tinggi kolom sekitar 1.500 meter di atas puncak gunung atau sekitar 1.657 meter di atas permukaan laut. Letusan tersebut tercatat pada seismograf dengan amplitudo maksimum 70 mm dan berlangsung selama 86 detik. (Antara)