Gubernur Lampung Dampingi Menhub, Kapolri dan Panglima TNI Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni

Pantau Arus Mudik di Pelabuhan Bakauheni
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Selatan, Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, bersama-sama dengan Menteri Perhubungan, Kapolri, dan Panglima TNI meninjau kesiapan jalur mudik lebaran tahun 2023 di Pos Terpadu Pelabuhan Bakauheni pada hari Kamis, 20 April 2023.

Pengrajin Kayu Asal Lampung Daftar Penjaringan Calon Gubernur

Mereka melakukan peninjauan di beberapa tempat seperti Pos Pam Gayam, Dermaga VI Pelabuhan Bakauheni, dan Pelabuhan Panjang, Merak, Ciwandan, dan BBJ secara virtual.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menyampaikan bahwa situasi arus mudik relatif landai setelah melakukan penyusuran beberapa titik pelabuhan dari Ciwandan, Panjang, dan kemudian ke Bakauheni. 

Arahan Gubernur Lampung 2024, 40 Km Di Tiga Ruas Jalan Pringsewu Akan Di Perbaiki

Budi Karya juga menambahkan bahwa salah satu lancarnya arus mudik dari Merak menuju Bakauheni dikarenakan dukungan Kapolda Banten yang melakukan penertiban pada truk-truk yang memaksa masuk Ciwandan.

“Apabila ciwandan tidak mendapatkan beban yang terlalu banyak, termasuk Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), seperti apa yang disampaikan Kapolri, mereka akan masuk kapal lebih cepat,” kata Menhub.

Ini Strategi Polda Lampung yang Sukses Atasi Arus Balik Lebaran 2024

Menhub meminta Gubernur, Kapolda, dan seluruh jajaran untuk mengkampanyekan penggunaan Pelabuhan Panjang bagi para pemudik saat arus balik. Dia juga menambahkan bahwa mungkin diperlukan suatu pengumuman bagi masyarakat bahwa menggunakan pelabuhan panjang itu menggembirakan.

“Mungkin diperlukan suatu pengumuman bagi masyarakat, bahwa menggunakan (pelabuhan) panjang itu menggembirakan. Kapalnya bagus dan bagi yang menggunakan motor tidak harus menempuh perjalanan yang panjang,” kata Menhub.

Halaman Selanjutnya
img_title