RSUDAM: Dua Bayi Kembar Siam yang Telah Dipisahkan Diizinkan Pulang

Gubernur Bersama Dua Bayi Kembar
Sumber :
  • Antara

Bandar Lampung, Lampung – Dua bayi kembar siam yang berhasil dipisahkan melalui operasi di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung telah diizinkan pulang ke kediamannya.

Warga Lampung Timur Temukan Bayi Perempuan, Ada Selembar Surat yang Isinya Memilukan

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, termasuk dokter dan perawat atas keberhasilan operasi mengalahkan bayi kembar siam Aliyah dan Afifah.

Menurut Gubernur, kedua bayi kembar siam yang telah dipisahkan itu telah diperbolehkan pulang ke rumah pada hari itu juga. Namun, kedua bayi harus terus dipantau kondisinya dengan fasilitas kesehatan di kabupaten tempat tinggal mereka agar dapat terus sehat.

Polisi Datangi Lokasi Penemuan Bayi Laki-Laki Tanpa Identitas di Tanggamus Lampung

"Keduanya hari ini sudah boleh pulang ke rumah, tetapi harus terus dipantau juga kondisinya.Sehingga fasilitas kesehatan di kabupaten tempat mereka tinggal harus memantau juga dengan baik jadi anak-anak ini bisa terus sehat," katanya.

Keberhasilan operasi tersebut menjadi wujud kehadiran pemerintah bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan. Menurut Gubernur, keberhasilan ini menunjukkan dokter dan fasilitas kesehatan Lampung mampu dan dapat dijadikan contoh serta motivasi untuk meningkatkan kembali mutu pelayanan kesehatan.

Wali Kota Bandar Lampung Targetkan Zero Kasus Stunting di 2024

Direktur RSUDAM Lampung, dr Lukman Pura, mengatakan bahwa kedua bayi tersebut sangat sehat dan sudah dapat kembali ke rumah masing-masing. Pengawasan terhadap kondisi kedua bayi tersebut akan dilakukan dengan mengikutsertakan peran dari Puskesmas di sekitar kediaman bayi tersebut.

Pengawasan rutin bisa dilakukan ke Puskesmas dan rumah sakit di dekat rumah mereka. Namun, jika ada kejadian khusus yang gawat darurat, maka RSUDAM akan langsung menanganinya.

Halaman Selanjutnya
img_title