Karhutla Landa Way Kambas, 3 Hari Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api

Petugas memadamkan karhutla di TNWK Lampung Timur.
Sumber :
  • Istimewa

Lampung Timur, LampungKebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung. Peristiwa ini terjadi sejak Sabtu, 7 September 2024, dan membakar sejumlah titik, termasuk Simpang Pule dan RPTN Umbul Salam.

Polda Lampung Ancam Pelaku Pembakaran Hutan, Bisa Dipenjara 15 Tahun

Kebakaran permukaan ini menjalar cepat akibat angin kencang yang bertiup di daerah tersebut yang berupa alang-alang kering dan semak belukar. 

Api dengan cepat menjalar akibat angin kencang yang bertiup di kawasan tersebut. Tim gabungan yang terdiri dari berbagai instansi, termasuk Polri, TNI, dan Manggala Agni, langsung dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

Polemik Penolakan Bakal Calon Bupati di Lampung Timur, Bawaslu Sebut Siap Kawal Proses

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik, mengungkapkan bahwa kebakaran tersebut merupakan ancaman serius bagi ekosistem konservasi. 

"Medan yang sulit dan angin kencang menjadi tantangan tersendiri bagi tim pemadam," ujar Kombes Umi Fadillah Astutik.

Ketika KPU Dituntut Netral, Penolakan Bakal Calon Lampung Timur Jadi Sorotan

Setelah berjibaku selama hampir 30 jam, api akhirnya berhasil dipadamkan pada Senin dini hari. Namun, tim tetap melakukan pemantauan untuk memastikan tidak ada titik api yang tersisa.

"Setelah pemadaman, tim juga melakukan mop up, membersihkan bara di bawah permukaan tanah untuk memastikan tidak ada titik api yang tersisa," lanjut Kombes Umi Fadilah Astutik. 

Halaman Selanjutnya
img_title