BMKG Maritim Keluarkan Peringatan Dini Waspada Banjir Rob di Pesisir Lampung

Ilustrasi Banjir ROB Wilayah Pesisir
Sumber :
  • freepik.com

Lampung – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Pusat Meteorologi Maritim mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob akan terjadi di wilayah pesisir Indonesia khususnya pesisir Lampung, dilansir dari laman maritim.bmkg.go.id, Kamis (19/01/2023).

Hari Ketiga Lebaran Bandar Lampung Dilanda Banjir, Kapolresta: Ada 2 Kecamatan Terdampak

Peringatan dini banjir rob atau pasang air laut maksimum tersebut untuk wilayah Lampung sendiri terjadi pada tanggal 21-25 Januari 2023. 

Potensi Banjir Pesisir (Rob) disebabkan adanya fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 21 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi dibeberapa wilayah pesisir Indonesia,

Kampung Pasar Ambon Teluk Betung Selatan Kebanjiran

Beberapa wilayah Kabupaten dan Kota di Provinsi Lampung yang berpotensi di landa pasang air laut atau banjir rob diantaranya pesisir Kota Bandar Lampung, Pesisir Tanggamus, Pesisir Lampung Selatan, Pesisir Pesawaran dan Pesisir Timur Lampung.

Potensi banjir pesisir (rob) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas masyarakat yang tinggal di pesisir dan nelayan serta transportasi bongkar muat di pelabuhan. aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Cuaca Lampung Sepekan ke Depan Oleh BMKG, Idul Fitri Diprediksi Hujan

Kepada masyarakat secara umum dimbau untuk selalu waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca melalui situs resmi BMKG Maritim.