Hari ke-12 Operasi Patuh Krakatau 2024, Ditlantas Polda Lampung Catat 2.119 Penindakan Pelanggaran

Polisi melakukan penindakan terhadap pelanggar lalulintas.
Sumber :
  • Istimewa

Bandar Lampung, Lampung – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung mencatat sebanyak 2.119 penindakan pelanggaran lalu lintas hingga hari ke-12 pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau 2024.

Dari jumlah tersebut, 1.847 penindakan berupa teguran, sementara 264 lainnya adalah tilang manual. Menariknya, data kecelakaan lalu lintas selama operasi ini menunjukkan angka nihil.

Kombes Umi Fadilah Astutik, Kabid Humas Polda Lampung, mengungkapkan pentingnya operasi ini dalam meningkatkan kesadaran berlalu lintas di masyarakat.

"Operasi ini tidak hanya fokus pada penegakan hukum, tetapi juga pada edukasi bagi pengguna jalan. Kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas," kata Kombes Umi Fadilah Astutik, Jumat (26/7/2024).

Lebih lanjut, Kombes Umi menjelaskan bahwa pendekatan yang digunakan dalam operasi ini bersifat persuasif dan humanis.

"Teguran yang diberikan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat, bukan sekadar menghukum. Kami ingin menciptakan budaya tertib lalu lintas," jelasnya.

Kombes Umi juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama masyarakat yang dinilai semakin baik dalam mendukung operasi ini.

"Partisipasi aktif dari masyarakat sangat penting. Kami berterima kasih atas dukungan dan kerjasama yang telah terjalin, serta mengimbau untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan di jalan raya," pungkasnya.

Operasi Patuh Krakatau 2024 akan terus berlanjut dengan fokus utama pada pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan, seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, dan pelanggaran marka jalan.

Polda Lampung berharap bahwa melalui operasi ini, angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan seminimal mungkin dan keselamatan berlalu lintas dapat terjaga dengan baik.(*)

Polda Lampung Belum Terima Laporan Dugaan Gratifikasi Anggota KPU Balam Terima Suap 530 Juta