Gunung Api Anak Krakatau kembali Erupsi, Status Masih Siaga Level III

Peta website Magma.esdm.go.id
Sumber :
  • Magma.esdm.go.id

Lampung Selatan, LampungGunung Anak Krakatau yang terletak di Lampung Selatan dan memiliki ketinggian 157 mdpl kembali erupsi sejak kemarin,Selasa (25/10).

Berdasarkan informasi dari website resmi Badan Geologi di magma.esdm.go.id, erupsi terjadi pukul 09.56 WIB dengan tinggi abu vulkanik mencapai 150 meter di atas puncak atau sekitar 307 di atas permukaan laut, dalam pengamatan visual Gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut 0-III. Teramati asap kawah utama berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal tinggi sekitar 25-150 meter dari puncak.

Cuaca mendung hingga hujan, angin lemah hingga kencang ke arah timur laut dan timur. Suhu udara sekitar 25.9-26.1°C. Kelembaban 60-82%. Tidak terdengar suara dentuman pada saat terjadi letusan/erupsi, ombak laut tenang, hingga sedang.

Untuk pengamatan kegempaan, 1 kali gempa Letusan/Erupsi dengan amplitudo 2 mm, dan lama gempa 367 detik. 1 kali gempa hembusan dengan amplitudo 7 mm, dan lama gempa 29 detik. 5 kali gempa Low Frequency dengan amplitudo 3-5.5 mm, dan lama gempa 5-9 detik. 1 kali gempa vulkanik dalam dengan amplitudo 51 mm, S-P 2.29 detik dan lama gempa 27 detik. 1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 1-45 mm, dominan 2 mm.

Sampai saat ini tingkat aktivitas Gunung Api Anak Krakatau masih berada di Level III (Siaga). Dalam keterangan resminya Badan Geologi ESDM menghimbau kepada masyarakat/pengunjung/wisatawan/pendaki untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah aktif.

Suka Duka Porter Pelabuhan Bakauheni: Penumpang Ramai, Orderan Sepi