Polres Pesawaran Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila, Kompol Sugandhi : Pancasila Adalah Rumah Kita

Polres Pesawaran Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila.
Sumber :
  • Istimewa

Pesawaran, Lampung – Bertempat di lapangan apel, seluruh personil Polres Pesawaran melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024, Sabtu (1/6/2024)

Pada pelaksanaan pacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, dipimpin langsung oleh Waka Polres Pesawaran, Kompol Sugandhi Satria Nugraha.

Hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut Pejabat utama Polres Pesawaran beserta personil bintara serta ASN Polri Polres Pesawaran.

Adapun tema dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2024 yakni "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045"

Waka Polres Pesawaran dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang didalamnya menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara dan pandangan hidup Bangsa yang digali oleh para 'Pendiri Bangsa' merupakan suatu anugerah dari Tuhan YME untuk Bangsa Indonesia dan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional 'Bhinneka Tunggal Ika' sehingga di dalam amanatnya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat bersama-sama menjiwai dan pedomani Pancasila agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

78 Anak Ikuti Khitan Massal Gratis Polres Pesawaran, Dalam Menyambut Hari Bhayangkara Ke-78

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi," ucap Kompol Sugandhi.

Lebih lanjut, momen peringatan Hari Kelahiran Pancasila ini pun diharapkan dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

"Indonesia untuk kita semua, dan Pancasila adalah rumah kita," tegas Kompol Sugandhi.

Sebagai anggota Polri, Kompol Suganti mengungkapkan harus menghayati Pancasila serta mendegungkan kepada masyarakat bahwa falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pancasila.

"Kita harus mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam pelaksanaan tugas untuk melindungi, melayani serta mengayomi masyarakat," tutupnya.(*)