Gubernur Lampung Bersama Mendag melaunching Aplikasi Sistem Informasi IKM

Gubernur Lampung Bersama Mendag Melaunching Aplikasi SIKAM
Sumber :
  • Pemprov Lampung

Bandarlampung, LampungGubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Acara Semarak Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Lampung Berjaya 2022 sekaligus melaunching Aplikasi Sistem Informasi IKM (Sikam) bersama Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, di PKOR Way Halim, Rabu (28/12/2022).

Arahan Gubernur Lampung 2024, 40 Km Di Tiga Ruas Jalan Pringsewu Akan Di Perbaiki

Pada kegiatan tersebut Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan, memaparkan betapa pentingnya pilar peningkatan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yakni Market Place, Retail Modern dan Perbankan.

Menurut  Mendag Zulkifli Hasan, saat ini pada pilar Market Place sudah tidak bisa dihindari, pelaku UMKM akan dilatih untuk bisa promosi menggunakan platform digital. Lalu pada Retail Modern, diharapkan adanya kerjasama antara Retail Modern dan para pelaku UMKM dan IKM, sehingga nanti dalam Retail Modern produknya akan disupply oleh UMKM lokal di daerah tersebut.

Membangun Potensi Peternakan dan Kesehatan Hewan di Lampung

Pada sektor perbankan, UMKM akan diberikan kemudahan untuk pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang sesuai dengan besarnya usaha UMKM atau IKM tersebut.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung telah menyiapkan aplikasi database dan media promosi produk UMKM dan IKM di Provinsi Lampung, yaitu Sistem Informasi IKM (SIKAM). (Ril)

Nah Loh! ASN di Lampung Diminta Fokus Tupoksi dan Pelayanan