Gempa Bumi Tektonik M4,6 Dirasakan di Pesisir Barat Lampung

Informasi BMKG
Sumber :
  • Foto Dokumentasi BMKG

Lampung – Hari Rabu, 08 Mei 2024 pukul 21:37:54 WIB, wilayah Pesisir Barat, Lampung dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik

Cuaca Lampung Sepekan ke Depan Oleh BMKG, Idul Fitri Diprediksi Hujan

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto melalui keterangan tertulisnya menyampaikan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,6. 

Episenter terletak pada koordinat 5.97 LS dan 103.64 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 92 km Barat Daya Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 10 km.  

Lunas Pajak Bumi dan Bangunan, Sejumlah Camat dan Peratin di Pesisir Barat Dapat Apresiasi

"Jenis dan Mekanisme Gempabumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut," tulisnya. 

Lebih lanjut, dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Liwa dengan Skala Intensitas II MMI *(Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Polres Pesisir Barat Laksanakan Pengamanan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," jelasnya. 

Sementara itu, terkait gempabumi susulan hingga pukul 22:37 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 

Halaman Selanjutnya
img_title