Jalan Rusak Dikritik Selebgram, Bupati Lampung Selatan Justru Fokus Mencalonkan Diri Maju Pilkada

Kolase foto Bupati Nanang dan Selebgram Ummu Hani.
Sumber :
  • Lampung Viva

Lampung Selatan, Lampung – Meski mendapatkan kritikan dari  selebgram Ummu Hani melalui akun Instagramnya @ummuhanii89 yang membagikan photoshoot dirinya berada di kubangan jalan rusak di Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan, namun hal itu tidak membuat Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto bergeming untuk menanggapai kritikan itu.

Justru, Bupati Nanang Ermanto sedang sibuk mempersiapkan diri untuk maju kembali dalam kontestasi pilkada 2024. Nanang Ermanto yang merupakan petahana, kini mulai mendaftarkan diri ke beberapa partai politik untuk mengusung dirinya sebagai Calon Bupati Lampung Selatan 2024.

Petahana Nanang yang juga sebagai Ketua DPC PDIP Lampung Selatan mengembalikan berkas pencalonannya sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lampung Selatan di Partai Demokrat, pada Minggu (5/5/2024).

"Menunjukkan keseriusan saya untuk maju sebagai Bacabup, maka saya sendiri ikut langsung hadir mengembalikan berkas. Sebab saya yang akan nyalon, maka saya harus datang langsung," kata Nanang Ermanto, usai mengembalikan berkas pencalonan di kantor Demokrat Lampung Selatan.

Sebelumnya, keluhan tentang kondisi jalan rusak di Kabupaten Lampung Selatan mencuat. Kali ini datang dari seorang selebgram cantik Lampung, Ummu Hani.

Mengutip akun Instagram @ummuhanii89 dengan jumlah followers mencapai 200 ribu lebih ini melakukan photoshoot di kubangan jalan rusak.

Terdapat, 10 foto Ummu Hani yang mempertanyakan kondisi jalan. Selain itu, sang selebgram juga memperlihatkan tulisan aspirasi untuk pemerintah.

"Untuk kesekian kalinya kami memohon dan meminta kepada pihak-pihak terkait untuk realisasikan infrastruktur jalan ini," tulis Ummu Hani, dikutip Sabtu (4/5/2024).

"Karena jalan ini merupakan salah satu akses utama yang menghubungkan antar desa dan kecamatan, sudah banyak dampak merugikan yang dirasakan masyarakat karena jalan rusak ini baik dari aspek ekonomi, pendidikan, dan kesehatan," jelasnya.

Ia berharap pemerintah terkait terkhususnya Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto untuk segera melakukan tindakan perbaikan jalan yang sudah sangat parah ini di wilayahnya.

"Warga beraspirasi malah dibilang cari sensasi, kami butuh realisasi bukan intimidasi," pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) tidak menganggarkan ruas jalan penghubung Kecamatan Katibung dan Merbau Mataram yang rusak.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Lampung Selatan, Hasanuddin mengatakan, ruas jalan rusak di Desa Pardasuka, Kecamatan Katibung, dan Pasar Suban, Kecamatan Merbau Mataram, tidak dianggarkan perbaikan pada tahun 2024 ini.

"Tidak bisa, itu belum masuk di program. Nanti kita programkan ke APBD, DAK atau Inpres jalan daerah. Musrenbang tahun 2024 ini," ucap Hasanuddin.

Hasan tak menampik, kondisi ruas jalan Pardasuka, Mekar Jaya, Sumber Rejo, Suban, Kalibaka, yang sempat diviralkan oleh akun Instagram @ummuhanii89 dalam kondisi rusak. "Yang rusak parah ruas jalan Pasar Suban, Kecamatan Merbau Mataram," tuturnya.

Hasan menyatakan, keterbatasan anggaran menjadi momok bagi Dinas PUPR untuk melakukan perbaikan seluruh jalan kabupaten setempat.

Tahun ini, Dinas PUPR mendapat alokasi anggaran dibawah Rp100 miliar untuk perbaikan jalan. "Mungkin iya sekitar itu Rp75 miliar, untuk perbaikan sekitar 30 kilometer," tandasnya. (*)

Abu Hasan Bakal Calon Wakil Gubernur Lampung Mendaftar di Partai Demokrat

Pose Ummu Hani di jalan rusak

Photo :
  • Instagram Ummu Hani