Puncak Arus Balik, Antrean Kendaraan Mengular Hingga Keluar Pelabuhan Bakauheni sejauh 1 Km

Antrean Kendaraan Mengular Hingga Keluar Pelabuhan Bakauheni
Sumber :
  • Istimewa

Bakauheni, Lampung – Antrean kendaraan di Pelabuhan Bakauheni mengular hingga keluar area pelabuhan, Minggu (14/4/2024). Panjang antrean di luar pelabuhan, mencapai ratusan meter dihitung dari titik gerbang pelabuhan.

Ini Strategi Polda Lampung yang Sukses Atasi Arus Balik Lebaran 2024

Berdasarkan pantauan, antrean kendaraan tersebut terjadi pada waktu petang. Saat itu, seluruh kantong parkir di tiap-tiap dermaga Pelabuhan Bakauheni, dipenuhi kendaraan.

Walau antrean kendaraan sampai pada luar area pelabuhan, proses bongkar muatan kapal berjalan normal. Karena itu, antrean kendaraan bisa berjalan merayap, tidak terjadi kemacetan total.

Dalam konfirmasinya, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika masih mengklaim kondisi kemacetan akibat antrean kendaraan masih bisa diatasi.

Dalam kategori yang dibuat Polda Lampung, antrean yang terjadi sudah memasuki zona kuning menuju zona merah, pada Minggu (14/4/2024) sekitar pukul 20.00 WIB.

Dimana zona kuning yakni jarak 1 km dari gerbang masuk pelabuhan. Sedangkan zona merah dengan antrian kendaraan mencapai 4 km dari pintu gerbang masuk pelabuhan.

"Kalau antrean kendaraan mencapai di atas 1 KM masuk kategori zona kuning, dan saat lebih dari 4 km masuk kategori zona merah," jelas Irjen Pol Helmy Santika.

Irjen Pol Helmy Santika juga menyebut, pihaknya sudah mengaktifkan delaying system di buffer zone yang dibuat Polda Lampung.

Buffer zone itu, jelas dia, untuk memecah kemacetan di area Pelabuhan  Bakauheni. "Aman terkendali, sampai sekarang Pelabuhan Bakauheni sampai saat ini masih hijau, kita pertahankan terus Insyaallah situasi tetap hijau," ucap dia. (*)

Antrean Kendaraan Mengular Hingga Keluar Pelabuhan Bakauheni

Photo :
  • Istimewa
Hutama Karya Catat 1,5 Juta Kendaraan Lintasi Jalan Tol Trans Sumatera Selama Mudik Lebaran 2024