Pemkot Bandar Lampung Berkomitmen Capai Target 100 persen UHC

Launching Universal Health Coverage (UHC), Program JKN Bandar Lampung
Sumber :
  • Istimewa/Instagram

Bandar Lampung, Lampung – Pemerintah Kota (pemkot) Bandar Lampung bekerja sama dengan BPJS Kesehatan telah meluncurkan Program Universal Health Coverage (UHC), yang merupakan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kota Bandar Lampung. Peluncuran ini berlangsung di Aula Semergou pada Senin (21/8).

Kirab Marching Band dan Karnaval Pawai Kendaraan Hias di Lampung

Pada acara peluncuran program kesehatan ini, Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, berkomitmen untuk mencapai target cakupan 100 persen Universal Health Coverage (UHC).

Ia menjelaskan bahwa UHC serupa dengan Jaminan Kesehatan Kota (Jamkeskot), namun perbedaannya terletak pada kemampuan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan di luar wilayah Lampung.

Eks Mantri Bank BUMN di Bandar Lampung Sebut Siap Ganti Kerugian Negara

"Sama seperti Jamkeskot, saat ini Bandar Lampung sudah mencapai cakupan 95,48 persen untuk Jamkeskot. Perbedaannya terletak pada layanan kesehatan. Dengan Jamkeskot, kami telah bekerja sama dengan semua rumah sakit di Bandar Lampung. Namun, dengan BPJS, kita semua bisa dirujuk ke rumah sakit di luar daerah."

Wali Kota juga meminta kepada Dinas Kesehatan untuk segera mensosialisasikan kepada penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan agar segera mendaftarkan diri.

Ngaku Anggota, DD Tipu Seorang Wanita di Bandar Lampung Berujung Bui

"Bagi masyarakat yang belum mendapatkan layanan BPJS Kesehatan, segera disosialisasikan agar mendaftar. Saya berharap semua bisa bekerja sama untuk mencapai 100 persen UHC," tandasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung, Nuim Mubaraq, menyatakan bahwa dengan UHC ini, masyarakat tidak akan mengalami hambatan dalam mengakses fasilitas kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title