Talud di Enggal Jebol, Saluran Air Tertutup Material

Aliran Sungai Tertutup Akibat Talud Jebol
Aliran Sungai Tertutup Akibat Talud Jebol
Sumber :
  • Dokumen

Bandarlampung, Lampung- Talud atau dindin kali Simpur ll  di jalan Kamboja RT 04, Lingkungan I, Kelurahan Enggal, Kecamatan Enggal, kota Bandar Lampung jebol.

Jebolnya talud itu, diduga akibat derasnya air hujan yang mengguyur kawasan tersebut pada Rabu malam. Akibatnya puing talud menutupi aliran kali.

"Ini kejadiannya pas hujan lebat kemarin. Sehingga mulai terkikis tanahnya yang kemudian membuat pondasi talud jebol," ujar ketua RT 04, Afrizal saat ditemui di lokasi, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, akibat talud jebol itu tanah diatasnya juga mulai ikut longsor, sehingga dampaknya juga membuat pondasi belakang di dua ruko ikut ambrol.

"Satu ruko kosong dan satunya ada orangnya. Tapi yang parah itu ruko yang kosong," ucap dia.

Afrizal mengaku, jika tidak ada tindakan segera dari petugas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU). Khawatir jika terjadi hujan lebat lagi, maka akan menambah parah. "Kali tersumbat oleh puing tanggul. Karena belum ada tindakan dari dinas PU, sehingga warga inisiatif bersihkan puing bebatuan dan pohonan yang menutupi aliran air sungai supaya lancar. Ia juga mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat ke Dinas PU untuk cepat mengatasi persoalan ini.

"Saya sudah laporan ke lurah dan camat. Nah Camatnya sudah mengirim surat ke Dinas PU untuk minta perbaikan," kata dia.

Hasan, salah satu warga setempat mengatakan, bersih-bersih puing talud yang roboh itu dari jam 10:00 WIB sampai sekitar 14:30 WIB.

"Tadi sudah kita bersihkan puing-puingnya, karena puingnya itu sempat menutupi aliran air. Ini dibersihkan supaya jangan ada imbasnya ke warga sekitar dan perjalanan air juga supaya lancar tidak kebanjiran," kata Hasan.

Talud Hancur dipukul Tangan Kosong, Kualitas Infrastruktur dipertanyakan