Canyoning di Desa Talang Mulya

Rapelling Dari Atas Air Terjun
Sumber :
  • Indra Pepeng

Pesawaran, LampungWisata petualangan yang memacu adrenalin semakin banyak peminatnya, salah satunya Canyoning atau Canyoneering. Wisata Petualangan yang satu ini memang belum setenar Scuba Diving, Rafting dan Hiking. Secara singkat Canyoning sendiri adalah aktivitas luar ruangan yang memadukan berbagai macam teknik kegiatan oudoor seperti, teknik rappelling, climbing, trekking, cliff jumping dan swimming. Canyoning biasanya dilakukan diwilayah lembah dan ngarai.

Ada beberapa titik lokasi di Provinsi Lampung yang patut dicoba bila ada tertarik melakukan Canyoning , salah satunya di Desa Talang Mulya, Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Desa Talang Mulya berbatasan langsung dengan kawasan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) Wan Abdul Rachman.

Desa Talang Mulya dapat diakses dengan berkendara roda dua maupun roda empat sekitar 30 menit dari pusat kota Bandar Lampung. Begitu sampai dilokasi para pengunjung akan disuguhkan suasana khas pedesaan dan keindahan alam kawasan Tahura.

Sebelum melakukan aktivitas canyoning disarankan untuk melakukan olahraga ringan, serta pengenalan peralatan canyoning dan cara penggunaanya. Berikut adalah peralatan standar yang digunakan saat kegiatan canyoning :

1. Wetsuit, pakaian tebal yang cukup kuat berlengan panjang atau jaket, celana panjang outdoor, yang berguna melindungi kulit dari gesekan batu, daun, ranting, dahan pohon maupun gigitan serangga, juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil, karena aktivitas ini banyak dilakukan di dalam air.

2. Helm, sepatu outdoor, pelindung lutut dan siku, digunakan melindungi tubuh dari benturan benda keras.
    
3. Peralatan rock climbing, seperti tali karmantel, tali prusik, figure of eight, webbing, seat harness, carabiner, dan lainnya, sebagai pengaman saat melakukan rappeling.

Tidak lupa alat komunikasi, obat-obatan dan alat pertolongan pertama untuk keadaan darurat medis yang mendesak. Semua peralatan diatas dibawa dan digunakan untuk melewati segala rintangan yang akan dihadapi saat canyoning.

Jalur Trekking di Kawasan Tahura Wan Abdul Rachman

Jalur Trekking di Kawasan Tahura Wan Abdul Rachman

Photo :
  • Indra Pepeng

Untuk menuju titik awal petualangan dilakukan dengan trekking sekitar 15 menit melintasi hutan dan perbukitan, begitu sampai adrenaline kita akan ditantang untuk melakukan rappeling atau turun dari atas air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter menggunakan tali karmantel.

 

Rapelling Dari Atas Air Terjun Talang Mulya

Rapelling Dari Atas Air Terjun Talang Mulya

Photo :
  • Indra Pepeng